Dalam rangka mempersiapkan peserta didik kelas XII untuk menghadapi seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2020, SMAI Al-Azhar 1 Jakarta memberikan pembekalan kepada seluruh siswa dan orang tua murid kelas XII melalui Sosialisasi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2020. Sosialisasi ini meliputi penjelasan mengenai program seleksi masuk PTN yang ada, seperti SNMPTN, UTBK, SBMPTN, PPKB, Talentscouting (TS), dan SIMAK UI.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta didik kelas XII bisa memilih program studi (Prodi) dan PTN yang sesuai dengan kondisi peserta didik.

Kegiatan Sosialisasi berlangsung menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama dimulai pada pukul 08.00 s.d. 11.30 WIB bertempat di Aula Buya Hamka YPI Al-Azhar. Sesi Kedua berlangsung pada pukul 13.00 s.d. 15.00 WIB di Aula Mushollah SMAI Al-Azhar 1 Jakarta.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Ibu Dra. Syarifah Ajilah, untuk menjelaskan tujuan dan susunan acara sosialisasi.

Dilanjutkan dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh ananda Aliffaiz Ghufran Ginanjar kelas XII IPA 1 dan Saritilawah oleh adinda Rahmatania kelas XII IPA 4. Pembacaan Do’a pembuka oleh ananda Fikra Asyrafi kelas XII IPA 1. Serta Sambutan dari Kepala Sekolah SMAI Al-Azhar 1 Jakarta Bapak Ngadiman, M.Pd.

Informasi UNBK oleh Kepala Sekolah SMAI Al-Azhar 1 Jakarta

Sosialisasi pertama yaitu mengenai informasi UNBK yang disampaikan langsung oleh Kepala Sekolah SMAI Al-Azhar 1 Jakarta.

 

Dilanjutkan dengan sosialisasi kedua yaitu mengenai Sistem Seleksi PTN dan SIMAK UI di tahun 2020 yang disampaikan langsung oleh ibu Rini Febriani, M.Si.

 

 

 

Sosialisasi terakhir pada sesi pertama, yaitu materi mengenai Teknis Pelaksanaan Masuk PTN yang berlaku di SMAI Al-Azhar 1 Jakarta yang disampaikan langsung oleh Ibu Desva Ramon, S.Pd. selaku Guru Bimbingan dan Konseling.

 

Pada sesi kedua, materi dilanjutkan mengenai Tips dan Trik untuk mengerjakan soal UTBK yang disampaikan oleh bapak Muhammad Amin sebagai Konsultan Pendidikan kepada seluruh peserta didik kelas XII.

 

 

Seluruh rangkaian acara Sosialisasi Masuk PTN 2020 ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan informasi yang dibutuhkan kepada siswa serta orang tua murid kelas XII sebagai bekal untuk akhirnya siswa kelas XII dapat menentukan pilihan Prodi serta PTN yang sesuai (iss).