Unjuk Kreasi Al Azhar (UKA) adalah sebuah kegiatan yang bertujuan merangsang  tumbuh kembangnya potensi non-akademik murid-murid yang menempuh pendidikan pada jenjang SMP dan SMA dibawah naungan YPI Al Azhar.

UKA diadakan pada hari Kamis-Sabtu, 23-25 Januari 2020 bertempat di SMAI Al Azhar 3 dengan mengangkat tema “Inspirasi Al Azhar Untuk Indonesia”.

Daftar Juara UKA Alpus 1
Nadindra, Juara 1 Teater Monolog

Adapun jenis lomba yang dipertandingkan ada 13 mata lomba untuk jenjang SMP dan 13 mata lomba untuk jenjang SMA, yang terdiri dari: MTQ, MHQ, MSQ dan Kaligrafi Islam (Bidang Agama); Festival Tari Kreasi Daerah, Teater Monolog, Solo Vocal, Solo Gitar, dan Fotografi (Bidang Seni); Debat bahasa Indonesia, Baca Puisi, Cipta Cerpen, Story Telling, Debat Bahasa Inggris, dan Debat Bahasa Arab (Bidang Bahasa); Desain Poster (Bidang Teknologi); Bulutangkis (Bidang Olahraga).

Mengenai perolehan piala yang diraih oleh Tim UKA SMAI Al Azhar 1 yaitu: Juara 1 Kaligrafi oleh Ananda Daffa Irsyad Ludi; Juara 1 Teater Monolog oleh Nadindra  Putri Sutrisno; Juara 1 Tari Kreasi Daerah oleh Qailah Kamila Azahra, Aulia Shafira, Malika Fatima  Lawe, dan Aliya Fahmara; Juara 2 Debat Bahasa Inggris oleh Cut Zahrah Dinaransyah Bilqiis, Najma Ali, dan Naila Azizah; Juara Harapan 1 MSQ oleh Naufal Altair, Errando Razka, dan Alesha Aminda, Juara Harapan 1 Baca Puisi oleh Nasywa Khairunnisa; Juara Harapan 2 Solo Vocal oleh Sophia Valmaiswari; Juara Harapan 3 Fotografi oleh Farandy Tama; Juara Harapan 3 Desain Poster oleh Tsania Hafidza.

Drs. H. Shobirin selaku Ketua Umum YPI menyerahkan Piala Juara Umum UKA kepada Bapak Ngadiman, M.Pd

Raihan Juara Umum pada perhelatan UKA yang ke-12 merupakan hal yang patut disyukuri. Jika selama ini branding SMAI Al Azhar 1 identik dengan prestasi akademik dan seolah mengesampingkan prestasi non-akademik, maka sudah saatnya sekarang kita mulai menaruh perhatian dengan mengakomodir ragam potensi murid-murid kita baik akademik maupun non-akademik, hard skill maupun soft skill, sesuai minat dan bakatnya masing-masing, secara seimbang dan untuk menciptakan generasi unggul yang mampu menghadapi tantangan masa depan. Sekali lagi selamat kepada para Juara! (Smr).