Jumat (6/12) bertempat di Laboratorium Komputer SMAI Al Azhar 1 digelar Matrikulasi ICT. Peserta yang terdiri dari 10 orang Guru Mata Pelajaran ini dibekali materi berupa job motivation, pemanfaatan web content dan moodle.

Kegiatan ini dipandu oleh Korbid Kurikulum, H. Sulardiono, S.Pd, M.M yang menjelaskan ungkapan “always do your best, and let God do next”┬ásekaligus dibuka oleh Ngadiman, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMAI Al Azhar 1. Dalam sambutannya Ngadiman mengutip kata-kata Bung Karno “Beri aku 10 Pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”, menurut beliau masa depan Al Azhar ada ditangan generasi muda. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kita sekarang adalah tokoh muda yang penuh dengan inovasi, maka sudah sepatutnya para guru muda harus memiliki semangat mengembangkan diri dan melakukan berbagai inovasi untuk kemajuan sekolah.

Pimpinan Sekolah, Ngadiman, M.Pd saat membuka dan memberikan motivasi

Beliau juga berbagi pengalaman saat awal masuk Al Azhar dalam usia muda, penuh tantangan dan suka duka, namun kita harus tetap optimis serta lakukan yang terbaik dalam kapasitas kita. Masa depan siapa yang tau, saya benar-benar tidak pernah berpikir untuk menjadi pimpinan, namun yang saya yakini adalah sebagian besar aktivitas saya dihabiskan disekolah, maka sungguh merugi apabila tidak terdapat nilai ibadah dalam kita menjalankan aktivitas disekolah, ungkap Ngadiman.

Senada dengan itu Syamsudin Harris, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah juga menegaskan mengenai perlunya kita membangun orientasi dalam pekerjaan kita. Ada orang yang berorientasi pada prestasi, jabatan, keluarga ataupun yang lainnya, silahkan saja itu menjadi hak pribadi kita masing-masing, namun yang pasti orientasi kita kepada Allah harus menjadi pijakan yang perlu ditanamkan dalam diri, ujar Syamsudin.

Syamsudin Haris, S.Pd saat memaparkan materi motivasi

Ditengah tantangan zaman yang semakin kompleks, beliau juga mengingatkan agar para guru dapat membangun kolaborasi dan mengoptimalkan diri sesuai kompetensinya masing-masing, setiap kita tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, namun yang terpenting adalah sejauh mana kontribusi yang bisa diberikan untuk kemajuan sekolah.

Pada sesi materi pemanfaatan content web dipandu oleh Pudin, S.Kom yang menjelaskan mengenai penggunaan web dalam menunjang kualitas sekolah baik dari sisi promosi, informasi program sekolah maupun pendaftaran murid baru. Materi disajikan dengan sangat ringan dan humoris sehingga suasana penuh dengan nuansa kegembiraan. Pudin juga secara operasional mengajarkan tahapan demi tahapan bagaimana kita mampu memasukan sebuah narasi dan gambar dalam media web. Hasil dari materi ini langsung terlihat dari munculnya berbagai publikasi ditampilan web sesuai dengan tema yang sudah ditugaskan kepada peserta, misal pembuatan publikasi Alpusinc (Sumardiansyah), ASBD (Restu Indra Sugiarto), Travelling Research (Hendy Santoso), Character Building (Henri Ferdian), dan lain-lain.

Disesi berikutnya M. Rohmat, S.Pd memberikan materi mengenai penyusunan soal menggunakan aplikasi moodle. Penggunaan aplikasi moodle adalah untuk menunjang digital smart classroom baik dari sisi pembelajaran maupun penilaian.

Menjelang berakhirnya acara panitia sempat memberikan kenang-kenangan kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan secara serius dari awal hingga akhir.

Dari kegiatan hari ini kita bisa mendapatkan pelajaran, bahwa spirit dan motivasi yang diberikan oleh pimpinan sekolah ibarat oase ditengah padang tandus, ia mampu menghapus dahaga serta memberikan inspirasi bagi kemajuan Al Azhar di masa kini maupun masa yang akan datang. Pengembangan diri dan inovasi harus dilakukan secara terus menerus, sebab perubahan adalah sebuah keniscayaan. Tantangannya adalah mampukah kita beradaptasi, berubah atau justru punah? (Smr).