Jum’at s/d Sabtu (13-14/12/2019) SMA Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mengadakan kegiatan tafakkur alam di Villa Madina Jl. H. Murhidi, Tonjong, Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat 16320. Tafakur Alam merupakan perbuatan yang diperintahkan dalam agama dan ditunjukkan bagi mereka yang memiliki pengetahuan untuk merenungkan berbagai fenomena alam.

Sebagaimana Allah SWT Berfirman :

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, ( yaitu ) orang -orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi ( seraya berkata ), “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalahkami dari siksa neraka.( Q.S 3 Ali-Imran : 190-191 )

Ayat ini menjelaskan tentang pentingnya memikirkan fenomena alam semesta untuk menambahkan keimanan kepada Allah dalam rangka mengasah kecerdasan intelektual dan spiritual. Hal ini diharapkan bisa diterapkan untuk murid-murid SMA Islam Al Azhar 1 sehingga menjadi orang yang mampu menyayangi,merawat, dan menjaga alam dengan baik. Orang yang mampu mensyukuri karunia Allah.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 78 peserta yang terdiri dari Kelas X, XI dan XII yang didampingi oleh 12 orang guru dan karyawan. Tafakur Alam tersebut juga merupakan agenda tahunan dari Bidang Agama di SMA Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru.

Pelepasan oleh Kepala Sekolah, Bapak Ngadiman, M.Pd

Diawali dengan pelepasan oleh kepala sekolah, bapak Ngadiman, M.Pd yang kemudian dilanjutkan perjalanan menuju lokasi dengan 4 bus. Perjalanan menempuh waktu hingga 2 jam, sehingga setibanya kami dilokasi, kami langsung melaksanakan sholat Ashar berjamaah karena waktu sudah menunjukkan pukul 4 sore.

Pemaparan materi dari Ustadz Tanenji, MA

Ba’da sholat, agenda dilanjutkan pemaparan materi oleh Ustadz Tanenji, MA. Ustadz Tanenji membahas Bahaya Narkotika & Pergaulan Bebas (Zina). Banyak hal yang dapat menyadarkan peserta dari Ustadz Tanenji perihal kondisi Indonesia saat ini.

 

Setelah pemaparan dari pemateri peserta melaksanakan Sholat, makan malam dan MCK. Tepat jam 8 malam dilanjutkan materi kedua yang dibawakan oleh Ustadz H. Bahron F, MA. Ustadz Bahron membawakan materi perihal Ma’rifatul Ihsan. Sehingga setidaknya ada 4 materi yang disampaikan di Tafakur Alam ini 2 materinya disampaikan oleh Ustadz Suparman, M.Pd tentang Makna Dua Kalimat Syahadat dan Ust. Musopa S.Ag yang membawakan materi tentang Kepemimpinan dalam Islam.

Menariknya di Tafakur Alam kali ini menghadirkan alumni dari KPI(Kelompok Pengkaji Islam) yaitu Jerrie yang berhasil meraih Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia via jalur SNMPTN. Banyak hal yang Jerrie ceritakan mulai dari keberhasilannya di kampus hingga latar belakang dapat masuk UI. Jerrie banyak memotivasi peserta, banyak statmen yang luar biasa yang disampaikan Jerrie, sehingga banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang membanjiri pada sesi ini.

Penutupan dari Pak Syamsudin

 

Pemilihan Ketua KPI

Sabtu Siang, agenda utama dalam Tafakur Alam inipun dilaksanakan, yaitu Pemilihan Ketua KPI dan Penyusunan Program Kerja, terpilihlah 3 putra terbaik dan 3 muslimah terbaik yang menjadi kandidat dalam pemilihan kali ini. Pada Akhirnya terpilihlah Nawfal Altair (XI IPA 3) dan Audrey (XI IPA 3) sebagai ketua putra dan ketua putri yang akan melajutkan estafet dakwah KPI ini. Akhirnya agenda Tafakur Alam ini pun selesai, dengan ditutup oleh Wakil Kepala Sekolah yaitu pak Syamsudin.(hs)