Suasana pertandingan futsal dengan latar Masjid Agung Al Azhar

Dewasa ini kebutuhan olahraga menjadi salah satu elemen penting yang menopang gaya hidup masyarakat urban. Men Sana In Corpore Sano, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, sebuah ungkapan dari seorang sastrawan Romawi, Decimus Iunius Juvenalis dalam Satire X yang dibuat pada abad-2 masehi menjadi jargon bagi dunia olahraga dan kesehatan diseluruh dunia. Ungkapan atau jargon tersebut sesungguhnya selaras dengan hadist Riwayat Muslim yang mengatakan “Seorang mukmin yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah”.

Karena itu pada Jumat (20/12/2019) pukul 08.30-10.00 di lapangan futsal Al Azhar diadakan pertandingan persahabatan antara SMAIA 1 melawan SMPIA 1. Pertandingan ini diadakan dalam rangka membentuk pribadi muslim yang kuat melalui olahraga dan menjalin ukhuwah antar sesama Guru di lingkungan kampus Al Azhar. Hadir mendampingi di pertandingan ini pimpinan SMAIA 1, Syamsudin Haris, beliau mengungkapkan suasana akrab dan sportif seperti ini harus terus dibangun terutama untuk meningkatkan motivasi kita dalam bekerja sekaligus beribadah di Al Azhar.

Pemandangan menarik ketika melihat antara Guru dan Karyawan dari unit yang berbeda bisa berbaur untuk satu kegiatan yang positif, dalam konteks ini futsal menjadi media untuk menyatukan itu semua. Sebab tidak dapat dipungkiri sebagian dari kita masih saja ada yang dijangkiti oleh ego sektoral, sehingga kadang lupa bahwa kita semua adalah satu barisan dibawah bendera YPI Al Azhar.

Suasana keakraban saat sesi foto bersama

Pertandingan ini berjalan dengan sangat seru, serius dan kadang disertai canda tawa, bahkan beberapa Guru dari SMAIA 3 dan alumni yang ada di lapangan akhirnya ikut serta turun ke lapangan untuk bermain futsal. Pada akhirnya pertandingan harus ditutup dengan skor 5-2 untuk kemenangan SMAIA 1 atas SMPIA 1. Foto bersama menjadi penanda keakraban antar pemain dan sambil berharap kegiatan seperti ini bisa rutin diadakan. Semoga Allah membimbing hati-hati kita agar tetap istiqomah dijalan kebaikan, insya Allah (Smr).