Memasuki tahun ajaran baru 2021-2022, pada saat seleksi PMB, murid yang diterima di SMAI Al Azhar 1 ada sekitar 160 murid. Untuk menyambut kehadiran murid baru ini, diperlukan adanya pengenalan mereka terhadap lingkungannya yang baru di SMAI Al Azhar 1.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ini bertema OPTIMALISASI POTENSI GENERASI MILENIAL YANG UNGGUL DALAM PRESTASI PADA ERA DIGITAL. MPLS diisi dengan sosialisasi nilai-nilai sosial, tata tertib di SMAI Al Azhar 1 dan beberapa materi tentang wiyatamandala, kurikulum sekolah, program kemuridan, ketahanan sekolah, dan pengenalan tentang Yayasan Al Azhar.

Selain itu murid baru juga berkesempatan untuk sharing bersama beberapa alumni sekaligus mendegar cara mereka belajar pada saat sekolah sehingga mereka berhasil masuk ke PTN favorit. MPLS sendiri bertujuan agar murid baru akan lebih terbiasa di lingkungan SMAI Al Azhar 1 serta melatih kekompakan, kedisiplinan dan kreatifitas dalam keseharian para murid baru tersebut. MPLS diselenggarakan selama 4 hari, dari tanggal 12-15 Juli 2021. Terakhir, karena pandemic belum berakhir, acara MPLS menggunakan platform zoom meeting. (M)