KEGIATAN WORKSHOP SKS & RPP

Suasana Ruang Workshop SKS

Nama Kegiatan

Workshop SKS & RPP

Tema Kegiatan

SMA Islam Al Azhar 1 Menyongsong Revolusi Industri 4.0

Waktu & Tempat Pelaksanaan

Tanggal           : 6 – 7 September 2019

Tempat            : Hotel Bumi Tapos Convention Resort, Bogor

Peserta

Peserta dari kegiatan Ini adalah seluruh guru SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta

Rincian Kegiatan

Kegiatan workshop SKS dan RPP ini dibagi kedalam beberapa bagian acara, terdiri dari acara:

  1. Pembukaan

Setelah perjalanan dari SMA Islam Al Azhar 1 menggunakan 2 BUS seluruh guru sampai di lokasi acara pada pukul 15.00 dilanjutkan dengan shalat ashar berjamaah, lalu setelahnya dilaksanakan acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Kepala SMA Islam Al Azhar 1Bapak Ngadiman, M.Pd. Pada acara pembukaan di perkenalkan pula narasumber workshop yaitu bapak Saiful Bahri yang saat ini menjabat Tim Pengembang SKS PSMA.

  1. Pre Test

Sebelum bapak Saiful Bahri memberikan paparan materi, beliau memberikan soal pretest kepada para peserta untuk mengetahui seberapa jauh wawasan bapak ibu guru mengenai SKS.

  1. Games

Sabtu pagi bapak dan ibu guru memulai kegiatan dengan acara games ringan yang diadakan dilapangan hotel. Bapak dan Ibu guru dibagi kedalam beberapa kelompok untuk memainkan 3 games yang disediakan. Sebelum memulai permainan, kelompok bapak dan ibu guru membuat yel-yel yang unik serta untuk menambah kegembiraan acara. Pada setiap permainannya diikuti oleh bapak dan ibu guru dengan sangat riang dan gembira. Permainan selesai dengan kegembiraan serta semangat terpancar dari raut muka bapak dan ibu guru yang siap menerima materi setelah acara game ini.

  1. Materi SKS dan RPP

Kegiatan pemberian materi inti pun dimulai oleh bapak Saiful Bahri dengan semangat bapak dan ibu guru mendengarkan serta mengerjakan setiap langkah yang diberikan oleh pemateri. Berbagai pengetahuan baru serta penyegaran pengetahuan didapatkan oleh bapk dan ibu guru. Karena ini merupakan workshop maka bapak dan ibu guru diharuskan membuat produk berupa contoh rpp yang sesuai dengan materi yang telah diberikan. Tidak hanya sampai pemberian produk saja, namun bap dan ibu guru juga mempresentasikan rpp yang telah dibuat, presentasi tersebut mengundang banyak pertanyaan serta tanggapan dari bapak ibu guru yang ingin menggali lebih dalam pengetahuan mengenai rpp yang sesuai dengan sks. Tidak hanya tanggapan namun gelak tawa pun hadir dalam sesi presentasi tersebut, karena bapak ibu guru yang presentasi juga menghadirkan candaan yang membuat pecah gelak tawa bapak dan ibu guru yang lain.

  1. Post Test

Kegiatan lanjutan dari pemberian materi adalah post test. Kegiatan post test ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh wawasan bapak dan ibu guru mengenai sks setelah diberikan materi oleh bapak Syaiful Bahri.

  1. Penutupan

Rangkaian kegiatan terakhir dari kegiatan Workshop SKS dan RPP ini ditutup oleh bapak Kepala SMA Islam Al Azhar 1 Bapak Ngadiman, M.Pd. Bapak Kepala Sekolah berharap dengan selesainya kegiatan ini, bapak dan ibu guru dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran sehingga tercapainya kesuksesan pendidikan di SMA Islam Al Azhar 1. Setelahnya tidak lupa pula pengambilan foto bersama bapak ibu guru dengan bapak Syaiful Bahri.